Rabu, 23 Januari 2013

tulisan 4 softskill ekonomi koperasi

IGNATIUS BAGAS WIBISONO

19211143 / 2EA17




JUMLAH IDEAL WIRAUSAHA DI INDONESIA ADALAH 4,76 JUTA ORANG



Pemerintah  mencatat jumlah penduduk yang berwirausaha saat ini baru mencapai angka 0,18% dari jumlah 2,38 juta penduduk Indonesia. Idealnya  dibutuhkan paling sedikit 2% dari 238 juta orang penduduk Indonesia atau sekitar 4,76 juta orang wirausaha baru dengan beragam profesi dan keahlian. Untuk itu, pemerintah  berkomitmen untuk mendukung program-program peningkatan kualitas dan kuantitas kewirausahaan di Indonesia, karena kewirausahaan menjadi salah satu pilar ekonomi nasional yang tangguh menhghadapi krisis ekonomi global sekaligus solusi mengurangi kemiskinan serta menyerap pengangguran.

Tahun 2011 angka pertumbuhan ekonomi di Indonesia mencapai 6,5%, itu merupakan salah satu bukti keberhasilan UMKM dan koperasi yang dilandasi jiwa wirausaha. Hampir 98% para pelaku bisnis di Indonesia tergolong dalam kelompok UMKM, karena itulah kelompok usaha ini harus menjadi prioritas pembangunan nasional. Dengan demikian pemerintah berencana menggelar pelatihan wirausaha di 33 provinsi seluruh Indonesia, dengan target akan ada 40.000 wirausaha baru sukses yang merupakan program prioritas nasional.

Untuk meningkatkan kualitas wirausaha dan sektor UMKM dan koperasi, diadakan pendekatan pengembangan manajemen kewirausahaan, pendampingan, bimbingan konsultasi, pemasaran, teknologi, produksi, pengelolaan keuangan dan bimbingan desain dan kemasan. Dalam mengembangkan program wirausaha, kementerian terkait membuka kerjasama dengan Ciputra, Asian Productivity Organization (APO), ILO, Kadin, Apindo, PJI, IWAPI, HIPMI, Rhenald Kasali dan lainnya.

Pemerintah akan mengarahkan program wirausaha sebagai prioritas dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru  bagi dirinya sendiri dan orang lain, sehingga mampu mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.


(Sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/10/13/320/703503/idealnya-jumlah-wirausaha-di-indonesia-4-76-jt-orang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar