Rabu, 09 Oktober 2013

tulisan 2 softskill perilaku konsumen

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 3 EA17


A. KAITAN SEGMENTASI PASAR DENGAN KEPUASAN KONSUMEN

Segmentasi pasar merupakan langkah yang dilakukan oleh perusahaan dengan membagi pasar menjadi beberapa jenis segmen-segmen pasar. Hal itu dilakukan agar pemasaran yang dilakukan bisa lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. Segmentasi pasar juga bersinggungan dengan sisi perilaku dan kepuasan konsumen, karena perilaku dan kepuasan konsumen di masing-masing segmen pasar pasti akan berbeda juga. Pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan perilaku-perilaku yang ada, seperti pengetahuan, sikap, penggunaan, atau respon terhadap sebuah produk. Adapun variabel-variabel perilaku yang dimiliki oleh konsumen, yaitu :
- kejadian
- manfaat
- status pengguna
- tingkat penggunaan
- tahap kesiapan pembeli
- status loyalitas
- sikap
Jika semua aspek tersebut telah terintegrasi dengan baik maka kepuasan konsumen pun akan tercipta dengan sendirinya.


B. KAITAN SEGMENTASI PASAR DENGAN PROFITABILITAS

Segmentasi pasar dilakukan agar pemasaran sebuah produk menjadi lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran untuk konsumen, tentu timbale baliknya adalah perusahaan atau pemasar akan mendapatkan profit yang besar juga. Jadi jelas bahwa segmentasi pasar ikut berpengaruh dengan tingkat profitabilitas yang dihasilkan. Berikut adalah 7 faktor dalam segmentasi pasar yang efektif dalam mempengaruhi tingkat profitabilitas :
- segmentasi berdasarkan kebutuhan (mengelompokkan konsumen berdasarkan masing-masing kebutuhan)
- identifikasi segmen (menentukan detail-detail basis konsumen)
- daya tarik segmen (menggunakan kriteria daya tarik segmen yang sudah ditentukan)
- profitabilitas segmen (menentukan profitabilitas segmen)
- positioning segmen (menciptakan proporsi nilai sesuai kebutuhan)
- “acid test” segmen (menciptakan jalan cerita segmen yang baik)
- strategi bauran pemasaran (memperluas positioning segmen)


C. KONSEP SEGMENTASI PASAR DALAM STRATEGI PEMASARAN

Konsep yang dimiliki segmentasi pasar didasarkan pada keadaan masing-masing kelompok pelanggan yang ada.
1. segmentasi berdasarkan geografis
Segmentasi ini membagi pasar menjadi berbagai unit geografis, seperti negara, wilayah, kabupaten, kota, atau lingkungan sekitar. Tentu dengan pengelompokkan itu maka pemasaran produk akan tepat sasaran kepada masing-masing pelanggan sesuai kebutuhannya.
2. segmentasi berdasarkan demografis
Segmentasi ini membagi pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel, seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kelas sosial. Segmentasi ini sangat popular bagi pemasar, karena langsung terkait dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mudah untuk diukur.



Sumber : Buku Manajemen Pemasaran Philip Kotler dan Kevin Lane Keller Edisi 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar