Senin, 02 Juni 2014

tulisan 5 softskill bahasa indonesia

CONTOH LAPORAN ILMIAH



OLAHRAGA FUTSAL YANG SEMAKIN POPULER DI MASYARAKAT
Disusun oleh :
Nama : Ignatius Bagas Wibisono
NPM : 19211143
Kelas : 3 EA17



BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di era globalisasi sekarang ini banyak sekali masyarakat yang tidak peduli akan kesehatan dan pentingnya olahraga, karena mereka lebih sibuk dengan pekerjaan dan urusan mereka masing-masing. Sehingga mereka menjadi kurang perhatian pada kesehatan tubuh yang sebenarnya sangat penting dalam kehidupan. Karena apa gunanya bila harta tercukupi sedangkan tubuh selalu bersakit-sakitan. Dalam hal ini olahraga tidak harus ke tempat fitness ataupun menggunakan alat-alat. Olahraga juga bisa dilakukan seperti lari di tempat, yoga, jogging, dsb. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani. Olahraga asli dari berbagai daerah di Indonesia, mungkin belum terkenal di tingkat nasional namun cukup populer di daerah asalnya. Budaya bangsa yang sebaiknya tetap diperhatikan dan di bina sebelum habis punah dilanda oleh arus globalisasi, terutama oleh permainan era digital dengan menggunakan perangkat computer dan berbagai macam ponsel canggih. Khusus salah satu yang ingin dibahas adalah Futsal.

Belakangan ini futsal telah menjadi kegemaran banyak masyarakat di Indonesia, karena nyatanya semakin banyaknya fasilitas futsal yang disediakan di banyak daerah. Futsal bisa dikatakan versi mini dari sepakbola, dimana dimainkan dalam sebuah ruangan/lapangan berukuran tertentu. Futsal memungkinkan  area dengan lahan yang sempit memberikan fasilitas yang hampir mirip dengan lapangan rumput sepak bola. Futsal merupakan solusi bagi kota-kota besar yang terbatas area terbukanya. Bahkan futsal sudah dipertandingkan secara internasional baru-baru ini. Bermain futsal sungguh mengasyikkan, semua orang bisa mengikutinya hanya dengan menyewa lapangan futsal yang kini banyak tersedia. Tidak perlu harus ahli dahulu untuk bermain futsal, bahkan banyak digunakan untuk acara sosialisasi saja. Tetapi bagaimanapun futsal merupakan olah raga yang perlu penanganan tepat terutama dalam pelaksanaannya. Karena salah-salah ingin sehat malahan membuat penyakit. Penting untuk memperhatikan mulai dari kostum (terutama sepatu) dan pemanasan, permainan dan pendinginan.
Oleh karena itu, disini kami akan menjelaskan tentang bagaimana olah raga futsal yang baik dan benar. Sehingga nantinya tidak ada kesalahan dalam memainkannya.


1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis kemudian merumuskan masalah yang akan dibahas. Rumusan masalah tersebut adalah :
1. Bagaimana sejarah tentang futsal?
2. Apakah definisi futsal?
3. Bagaimana teknik dasar bermain futsal?

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah :
1. Untuk mengetahui sejarah tentang futsal
2. Untuk mengetahui definisi futsal
3. Untuk mengetahui teknik dasar bermain futsal

1.4 Manfaat Penulisan
Memberi informasi pada banyak masyarakat tentang perihal yang ada dalam olahraga futsal.



BAB II PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Futsal

Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalampermainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Futsal berada di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania. Pertandingan internasional futsal pertama diadakan pada tahun 1965, dimana Paraguay adalah juara untuk pertama kalinya.

Tahun 2002, olahraga futsal mulai masuk ke Indonesia. Olahraga ini mendapat sambutan, terutama mereka pecinta sepak bola. Kompetisi resmi tingkat Nasional di Indonesia, mulai diadakan tahun 2008 oleh Badan Futsal Nasional (BFN). BFN merupakan badan yang dengan sengaja dibentuk oleh PSSI untuk mengelola futsal di Indonesia. Kejuaraan futsal tersebut dinamakan Indonesia Futsal League (IFL). Kejuaraan ini berlangsung selama empat bulan yang dibagi dalam empat seri. Pemenang dalam kejuaraan IFL, akan mewakili Indonesia dalam AFC Futsal Champions League, yaitu kompetisi futsal tertinggi di Asia.

2.2 Definisi Futsal
Futsal berasal dari nama  futebol de salao (bahasa Portugis) atau futbol sala (bahasa Spanyol) dengan makna yang sama, yaitu sepak bola ruangan. Dari kedua bahasa tersebut muncullah istilah baru, yaitu “Futsal”. Hal yang mencolok dari permainan futsal, jika dibandingkan dengan permainan sepak bola konvensional adalah ukuran lapangan yang lebih kecil dan pemain yang hanya berjumlah 5 dalam setiap timnya termasuk 3-5 orang sebagai cadangan. Oleh karena itu, permainan ini dipandang lebih fleksibel dan dapat dimainkan di dalam ruangan tertutup dengan lapangan berumput sintetis.

2.3 Teknik Dasar Bermain Futsal
Pada dasarnya teknik dasar permainan futsal tidak berbeda dengan permainan sepak bola. Perbedaannya, terletak pada ukuran lapangan yang menuntut pemainnya untuk melakukan teknik yang lebih akurat.

a. Mengoper bola (Passing)
b. Menerima bola (Control)
c. Menggiring bola (Dribble)
d. Menedang bola (Shot)



BAB III PENUTUP

3.1 Simpulan

Adapun simpulan dari penulisan ini, yaitu :
1. Olahraga sudah menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, bahkan menjadi kebutuhan
2. Pada nyatanya olahraga futsal bukan olahraga yang rumit atau banyak ketentuan khusus.
3. Futsal sudah menjadi olahraga permainan yang terkenal di sebagain besar negara.

3.2 Saran
Sebaiknya futsal lebih digalakkan lagi di semua wilayah Indonesia. Karena menurut saya, futsal ini belum merata ke sebagian besar wilayah Indonesia. Bisa dibilang futsal masih didominasi berada hanya pada kota-kota besar di Indonesia, terlebih di Pulau Jawa.
Selain itu, olahraga futsal juga sangat menyehatkan. Karena semua tubuh ikut bergerak dalam memainkan olahraga ini. Tentunya jangan dikesampingkan aspek kehati-hatian, karena futsal juga memiliki resiko karena pemain bisa mengalami cedera.




Sumber :

- https://sites.google.com/site/maleosportcentre/tentang-futsal-indoor-soccer
- http://www.scribd.com/doc/65629787/Pengertian-Futsal
- http://id.wikipedia.org/wiki/Futsal
- http://teknitbermainfutsal.blogspot.com/
- http://futsalplay.blogspot.com/2013/05/teknik-dasar-bermain-futsal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar