Senin, 02 Juni 2014

tulisan 6 softskill bahasa indonesia

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 3 EA17





IDENTITAS BUKU

Judul Buku : Eiffel I’m In Love
Pengarang : Rachmania Arunita
Penerbit : Terrant Books
Tahun Terbit : Cetakan Kelima, Desember 2003
Tebal Buku : 288 halaman
Harga Buku : Rp 32.000


KEPENGARANGAN

Latar Belakang Pengarang

Rachmania Arunita yang akrab disapa Nia tersebut mulai menggarap novel saat usianya baru menginjak 15 tahun dan duduk di kelas 1 SMUN 28 Jakarta. Dari awal, hobi seorang Nia memang menulis yang dimulai dengan menulis cerpen, kemudian ingin mencoba tantangan baru sehingga beralih untuk menulis novel. Dalam novel perdana yang dibuatnya, dia langsung memilih Paris sebagai latar belakangnya. Bukan karena imajinasi, tetapi karena dia pernah tinggal di Prancis selama 4,5 tahun. Kecintaannya terhadap kota Paris itulah yang membuat Nia mengangkat Paris sebagai latar belakang cerita novelnya, yang berjudul Eiffel I’m In Love.

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2011/11/09/rahmania-arunita-dari-hukuman-edukatif-jadi-novelis-sukses-411104.html


SINOPSIS
Eiffel I’m In Love adalah sebuah novel yang menceritakan tentang kehidupan remaja, khususnya saat-saat SMA. Cerita berawal dari seorang gadis bernama Tita, dia adalah anak perempuan dari sebuah keluarga yang bisa dibilang sangat mapan dan juga harmonis. Tetapi di sisi lain yang dirasakan Tita berbeda, karena dia menganggap bahwa sang ibu terlalu protektif terhadapnya. Tita sebenarnya merasa sudah cukup dewasa untuk bisa melakukan banyak hal yang dia inginkan, tetapi namanya seorang ibu memiliki pemikiran yang berbeda. Di sekolah, Tita memiliki sahabat-sahabat yang baik, terlebih yang bernama Uni, yang bisa dibilang teman dekat. Selain itu, Tita juga sudah memiliki pacar bernama Ergi, yang menurutnya penyabar dan perhatian. Semua kehidupan Tita berubah drastis sejak kedatangan seorang lelaki dari Paris, anak teman ayahnya bernama Adit. Di rumah keluarga Tita, Adit menempati kamar tamu yang letaknya persis disebelah kamar Tita. Sifat seorang Adit yang angkuh, judes, dan cuek membuat Tita kesal bukan kepayang. Tetapi Tita harus menerima kenyataan bahwa orang tuanya mempercayakan dia kepada Adit, dimana Tita mulai boleh diizinkan pergi asalkan bersama dengan Adit. Waktu berlalu akhirnya Tita baru mengetahui ternyata orang tuanya menjodohkan dia dengan Adit. Dan di sisi lain, Tita mendapati kenyataan bahwa pacar yang dianggap sempurna ternyata berselingkuh, Tita pun tidak segan segera memutuskan hubungan dengan Ergi. Di saat-saat kesepian, Tita mulai merasakan perubahan terhadap Adit. Terlebih saat Tita mengetahui bahwa Adit berpacaran dengan teman dekatnya sendiri, hal itu dia ketahui saat Adit ingin kembali ke Paris. Tita merasa kecewa, tetapi belakangan dia mengetahui kalau semua itu hanyalah rencana Adit untuk mengetahui perasaan yang dimiliki Tita terhadapnya. Saat liburan sekolah, orang tua Tita berencana ke Paris mengunjungi keluarga Adit. Selama di Paris hubungan Tita dan Adit semakin dekat dan akrab. Tita baru menyadari ternyata Adit adalah sosok pria yang baik, perhatian, dan romantis. Puncaknya adalah ketika Adit menyatakan cintanya kepada Tita pada tanggal 14 Februari dibawah Menara Eiffel.


KELEBIHAN NOVEL :
- Cover novel simple tetapi menarik.
- Alur cerita sangat menarik dan mudah dipahami.
- Latar belakang kota Paris sangat bagus.
- Memiliki dialog-dialog yang sangat ringan, dan beberapa diantaranya bisa membuat rasa penasaran, humor, sedih, semua bercampur.


KEKURANGAN NOVEL :
- Penerimaan novel bisa dibilang terbatas, karena lebih kepada kisah-kisah remaja.
- Tidak memiliki ilustrasi gambar sama sekali.


SARAN 

Untuk novel yang sudah cukup menarik ini tidak perlu banyak ada hal yang ditambahkan lagi. Mungkin hanya ilustrasi-ilustrasi gambar kecil agar lebih menarik lagi, tanpa mengurangi konten cerita novel ini sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar