Minggu, 30 Maret 2014

tugas 1 softskill bahasa indonesia

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 3 EA17



TEORI-TEORI YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENALARAN


Penalaran memiliki kata dasar nalar, setiap manusia pun pasti memiliki nalar. Nalar bisa sangat berpengaruh untuk kita dalam melakukan sesuatu dan mengambil keputusan. Karena nalar tidak selalu benar, nalar pun pasti bisa salah. Dalam penjelasan penalaran adalah proses berpikir sistematis yang bertujuan untuk memperoleh kesimpulan berupa pengetahuan.

Penalaran berbeda dengan pengamatan, karena penalaran bisa menghasilkan konsep dan pemahaman. Penalaran merupakan suatu proses berpikir yang membuahkan pengetahuan. Ciri-ciri penalaran :
1. Dilakukan dengan sadar
2. Didasarkan atas sesuatu yang sudah diketahui
3. Sistematis
4. Terarah, bertujuan
5. Menghasilkan kesimpulan berupa pengetahuan, keputusan atau sikap yang baru
6. Sadar tujuan
7. Premis berupa pengalaman atau pengetahuan, bahkan teori yang telah diperoleh
8. Pola pemikiran tertentu
9. Sifat empiris rasional

Beberapa teori-teori penalaran menurut para ahli :
1. Bakry (1986:1) menyatakan bahwa penalaran atau reasoning merupakan suatu konsep yang paling umum menunjuk pada salah satu proses pemikiran untuk sampai pada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui.
2. Suriasumantri (2001:42) mengemukakan secara singkat bahwa penalaran adalah suatu aktivitas berpikir dalam pengambilan suatu simpulan yang berupa pengetahuan.
3. Keraf (1985:5) berpendapat bahwa penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, menuju kepada suatu kesimpulan.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penalaran merupakan proses berpikir manusia untuk menguhubungkan fakta-fakta atau data yang sistematik menuju suatu kesimpulan berupa pengetahuan.  Dengan kata lain, penalaran merupakan sebuah proses berpikir untuk mencapai suatu kesimpulan yang logis.



Daftar Pustaka

Rakhmawati, Lestari. 2013. “Definisi dan Penalaran”. Dalam http://tarirl.wordpress.com/2013/05/16/definisi-dan-penalaran/

@kartikaagustina. 2009. “Pengertian Penalaran”. Dalam  http://kartikagustina.blogspot.com/2013/04/pengertian-penalaran.html


Wikipedia. 2010. “Pengertian Penalaran”. Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar