Minggu, 30 Maret 2014

tulisan 2 softskill bahasa indonesia

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 3 EA17


PEMAKAIAN METODE ILMIAH UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN ILMIAH


Di kalangan umum, metode biasa digunakan dalam hal-hal yang bersifat resmi. Umumnya banyak sinonim dari metode, seperti cara ataupun sistem, itulah yang sebagian besar masyarakat ketahui. Secara lebih detail, metode itu sendiri merupakan suatu prosedur atau cara untuk mengetahui sesuatu yang terdiri dari langkah-langkah sistematis. Metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi secara ilmiah.

Langkah-langkah tersebut adalah identifikasi masalah, kerangka berfikir, hipotesis, desain pengujian hipotesis, desain pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan.

Menurut Suriasumantri (1991), langkah-langkah dalam metode ilmiah tersebut adalah perumusan masalah, penyusunan kerangka berfikir, perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah dalam metode ilmiah menunjukkan cara berpikir ilmiah yang mencakup penalaran deduksi dan induksi.

Tujuan metode ilmiah itu sendiri adalah mendapatkan pengetahuan ilmiah yang bisa dipertanggungjwabkan. Secara luas tujuan metode ilmiah yaitu mendapatkan pengetahuan ilmiah, pencarian terhadap kebenaran yang diperoleh dari pemikiran logis, dan untuk mencari ilmu pengetahuan yang dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, analisis data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.



Daftar Pustaka

E-learning gunadarma. 2011. ”Proses Penelitian Ilmiah”. Dalam http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/risetbisnis_pdf/04_bab_2_penelitian.pdf


girlycious09’s. 2012. “Metode Ilmiah”. Dalam http://girlycious09.wordpress.com/tag/tujuan-metode-ilmiah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar