Minggu, 30 Maret 2014

tugas 2 softskill bahasa indonesia

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 3 EA17



TEORI-TEORI YANG BERHUBUNGAN DENGAN METODE ILMIAH DAN SIKAP ILMIAH


Metode ilmiah bertujuan untuk mencari jawaban tentang fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan sistematis. Terdapat beberapa pengertian metode ilmiah menurut para ahli :
- (Almack, 1939), metode ilmiah merupakan cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
- (Ostle, 1975), metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

Tidak semua metode bisa dikatakan ilmiah, karena itulah suatu metode ilmiah harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan. Kriteria yang harus digunakan dalam metode ilmiah, yaitu : berdasarkan fakta, bebas dari prasangka, menggunakan prinsip-prinsip analisis, perumusan masalah, menyusun hipotesis, menggunakan ukuran obyektif, menggunakan teknik kuantitatif dan atau kualitatif.

Adapun tahapan-tahapan dalam metode ilmiah, yaitu : memilih dan mendefinisikan masalah, survei data yang tersedia, merumuskan hipotesis (bila penelitian bertujuan menguji hipotesis), menyusun kerangka analisa dan alat-alat dalam menguji hipotesis, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisa serta membuat interpretasi, generalisasi dan membuat kesimpulan, membuat laporan penelitian.

Menurut KBBI, arti kata sikap merupakan perbuatan yang dilakukan berdasarkan pada pendirian atau keyakinan; perilaku; bertingkah laku. Sedangkan arti kata ilmiah adalah bersifat ilmu; memenuhi syarat ilmu pengetahuan. Jadi bisa disimpulkan bahwa sikap ilmiah merupakan perilaku yang dimiliki berdasarkan sifat keilmuanm ilmiah. Sikap ilmiah harus dimiliki oleh seorang ilmuwan atau akademisi dalam menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Sikap ilmiah dapat diinterpretasikan dalam berbagai forum ilmiah, misalnya diskusi, seminar, loka karya, dan penulisan karya ilmiah.

Menurut Allen Ledward, sikap ilmiah adalah “An attitude as degree of positive or negative affect associated with some pychological objects”. Yang artinya dimana sikap berkaitan dengan obyek yang disertai dengan persaan positif atau perasaan negatif, jadi sikap ilmiah adalah sikap keilmuan (scientific attitude).

Menurut Mukayat Brotowijoyo (1985: 31-34) siikap-sikap ilmiah yang digunakan dalam penyelesaian metode ilmiah adalah sebagai berikut :
- Sikap ingin tahu.
- Sikap jujur.
- Sikap terbuka.
- Sikap toleran.
- Sikap optimis.
- Sikap berani mempertahankan kebenaran.



DAFTAR PUSTAKA :

Ekim, Ezi. 2011. “Metode Ilmiah”. Dalam http://eziekim.wordpress.com/2011/03/14/metode-ilmiah/

Wiguna, Harits. 2011. “Bersikap Ilmiah”. Dalam http://www.slideshare.net/Harits_Wiguna/artikel-bersikap-ilmiah-harits-wiguna


Ardiwinata, Lisca. 2011. "Bersikap Ilmiah". Dalam http://www.slideshare.net/LiscaArdiwinata/bersikap-ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar