Selasa, 30 Desember 2014

tulisan 10 softskill etika bisnis

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 4 EA17




MENENTUKAN STRATEGI PRODUK

KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI PRODUK
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
A. Karakteristik produk
- Tingkat produk : Hierarki nilai pelanggan
Tingkat dasar adalah manfaat inti : layanan atau manfaat yang benar-benar dibeli pelanggan.
Tingkat kedua adalah produk dasar : mengubah manfaat inti menjadi produk yang bisa digunakan.
Tingkat ketiga adalah produk yang diharapkan : atribut atau kondisi yang diharapkan dari suatu produk.
Tingkat keempat adalah produk tambahan : menyiapkan banyak produk untuk mengantisipasi harapan lebih pelanggan.
Tingkat kelima adalah produk potensial : mengetahui produk mana yang benar-benar bermanfaat dan mendapat penawaran tinggi.

B. Klasifikasi produk
- Berdasarkan Ketahanan dan Keberwujudan
Barang-barang tidak tahan lama : dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan. Contohnya sabun, minyak goreng.
Barang-barang tahan lama : dapat digunakan untuk waktu yang lama. Contohnya kulkas, pakaian. 
Jasa : produk tak berwujud tetapi tetap memberi manfaat. Contohnya salon, tempat reparasi, tempat cuci steam kendaraan.
- Jenis Barang Konsumen
Barang sehari-hari : barang yang dibutuhkan untuk penggunaan sehari-hari. Contohnya deterjen, pasta gigi.
Barang belanja : barang yang memiliki masing-masing perbandingan kualitas, harga, dan gaya. Contohnya perabotan rumah tangga.
Barang khusus : barang yang memiliki karakteristik atau identitas yang unik. Contohnya mobil, peralatan elektronik.
Barang yang tak dicari : barang yang tidak terlalu dikenal atau terpikirkan tetapi bisa dibutuhkan suatu saat. Contohnya pengharum ruangan, kamera cctv.

- Jenis Barang Industri
Bahan dan suku cadang : barang yang menjadi bagian dari produk yang diciptakan produsen. Contohnya beras, ternak, kayu, bijih besi.
Barang modal : barang tahan lama yang berguna dalam pengembangan produk jadi. Contohnya pabrik, mesin-mesin pengolah, computer.
Layanan bisnis dan pasokan : barang dan jasa jangka pendek yang berguna dalam pengembangan produk jadi. Contoh dari pasokan antara lain kertas, ATK. Sedangkan contoh untuk layanan seperti reparasi peralatan, penasehat hukum dan bisnis.

DIFERENSIASI
A. Diferensiasi Produk
- Bentuk : membedakan ukuran, bentuk, dan struktur fisik.
- Fitur : memvariasikan dan melengkapi dengan berbagai fungsi yang mendukung.
- Penyesuaian : menyesuaikan dengan berbagai keinginan perorangan.
- Kualitas kinerja : membedakan kinerja untuk menghasilkan berbagai kualitas produk, semakin maksimal kinerja yang dilakukan, maka kualitas produk yang dihasilkan akan semakin tinggi.
- Kualitas kesesuaian : semua unit yang diproduksi benar-benar identik dan memenuhi spesifikasi yang dijanjikan.
- Ketahanan : umur dari produk diharapkan tahan lama baik dalam kondisi biasa ataupun tidak.
- Keandalan : ukuran probabilitas bahwa produk dapat memberi manfaat yang maksimal.
- Kemudahan perbaikan : ukuran kemudahan dalam perbaikan bila produk mengalami kerusakan.
- Gaya  : gambaran penampilan dari produk.

B. Desain
Desain adalah totalitas fitur yang mempengaruhi tampilan dan fungsi produk sesuai kebutuhan pelanggan. Pengaruh desain produk adalah sebagai cara potensial dalam penawaran untuk mendiferensiasikan dan memposisikan suatu produk dengan produk yang lain.
C. Diferensiasi Jasa
- Kemudahan pemesanan : seberapa mudah pelanggan menempatkan pemesanan dengan perusahaan.
- Pengiriman : seberapa baik produk atau jasa sampai ke pelanggan, yang meliputi ketepatan waktu dan kondisinya.
- Instalasi : layanan yang dilakukan untuk membuat produk beroperasi dengan baik.
- Pelatihan pelanggan : melatih karyawan pelanggan dalam menggunakan peralatan pemasok dengan benar dan efisien.
- Konsultasi pelanggan : menerima saran dan kritik dari pelanggan untuk kebaikan produk atau jasa selanjutnya.
- Pemeliharaan dan perbaikan : layanan untuk membantu pelanggan mempertahankan produk agar terus dalam kondisi yang baik.
- Pengembalian : bersedia ganti untung terhadap produk yang tidak sesuai dengan keinginan pelanggan sebagai bentuk tanggung jawab.

HUBUNGAN PRODUK DAN MEREK
A. Hierarki Produk
- Kebutuhan keluarga : kebutuhan inti yang dibutuhkan keluarga produk. Contohnya keamanan.
- Keluarga produk : semua kelas produk yang dapat memuaskan kebutuhan initi dengan efektivitas yang masuk akal. Contohnya tabungan dengan penghasilan.
- Kelas produk : kelompok produk dalam keluarga produk yang memiliki fungsi saling terkait. Contohnya instrumen keuangan (tabungan, deposito, tingkat suku bunga, saham, obligasi, hutang, dll)
- Lini produk : kelompok produk dalam kelas produk yang mempunyai fungsi serupa. Contohnya asuransi jiwa.
- Jenis produk : sekelompok barang dalam lini produk yang terbagi menjadi beberapa bentuk produk. Contohnya asuransi jiwa berjangka.
- Barang/unit penyimpanan stok/varian produk : unit yang dibedakan dalam lini produk berdasarkan ukuran, harga, tampilan, dll. Contohnya asuransi jiwa prudential yang bisa diperbarui.

B. Sistem dan Bauran Produk
- Sistem produk : kelompok barang yang berbeda tapi berhubungan dan berfungsi serupa. Contohnya produk handphone dan ipod sama-sama dilengkapi untuk headset, kamera, mp3,perekam suara,dll.
- Bauran produk : kumpulan semua produk yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu. Contoh produk YAMAHA ada yang berupa produk otomotif dan juga peralatan musik.

C. Analisis Lini Produk
- Penjualan dan laba : penjualan sangat terkait dengan laba. Semakin tinggi penjualan, semakin tinggi laba yang diperoleh. Tetapi dalam analisis lini produk, penjualan dan laba mempunyai potensi berbeda karena harga mahal untuk biaya iklan sebagai cara meningkatkan penjualan dan laba.
- Profil pasar : melakukan pemetaan produk yang ditawarkan ke pasar. Pemetaan produk bertujuan untuk mengidentifikasi segmen pasar, sehingga posisi penawaran produk akan sesuai dengan masing-masing target yang telah ditentukan.

D. Panjang Lini Produk
- Perpanjangan lini
Perpanjangan ke bawah pasar : memposisikan penawaran di pasar menengah dengan lini harga yang lebih murah.
Perpanjangan ke atas pasar : memasuki bagian atas pasar untuk meningkatkan pertumbuhan dan memposisikan diri sebagai produsen lini penuh.
Perpanjangan dua arah : melayani pasar menengah sehingga dapat memperpanjang lini produk ke atas dan ke bawah.
- Pengisian lini : memperpanjang lini produk dengan menambah barang dengan motif memperoleh laba tambahan, memuaskan penyalur, memanfaatkan kelebihan barang, menyingkirkan pesaing, dan menjadi perusahaan mapan.
- Modernisasi, penampilan, dan pengurangan lini : mengevaluasi, memperbaiki, dan melakukan inovasi terhadap produk untuk menjadikan produk lebih menarik dan sebagai pengganti produk lama.

E. Penetapan Harga Bauran Produk
- Penetapan harga lini produk : menggunakan tingkat harga yang telah ditentukan untuk produk lini sesuai dengan kualitas produk.
- Penetapan harga fitur opsional : menentukan harga produk sesuai dengan fitur yang ada atau ditambahkan pada produk lini. 
- Penetapan harga produk terikat : menentukan harga berdasarkan produk tambahan terikat yang ada.
- Penetapan harga dua bagian : menentukan harga produk berdasarkan biaya tetap ditambah biaya lain tambahan.
- Penetapan harga produk sampingan : menentukan harga produk sampingan yang masih memiliki nilai.
- Penetapan harga paket produk : menentukan harga sesuai dengan pemaketan yang dilakukan terhadap produk.

F. Co- Branding dan Penetapan Merek Bahan Baku
- Co- Branding adalah penetapan merek bersama atau gabungan menjadi satu produk bersama.
- Penetapan merek bahan baku merupakan langkah menciptakan ekuitas merek bagi bahan, komponen, atau suku cadang yang terkandung dalam produk lainnya.


PENGEMASAN, PELABELAN, JAMINAN, DAN GARANSI
A. Pengemasan
Kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk sebuah produk.
- Faktor pengaruh pengemasan : pasar swalayan, kekayaan konsumen, perusahaan dan citra merek, peluang inovasi.
- Tujuan pengemasan : identifikasi merek, ekspresi informasi, memfasilitasi dan melindungi produk, membantu dalam penyimpanan, membantu konsumsi produk.

B. Pelabelan
Bisa bertujuan sebagai identifikasi produk, peringkat/kelas produk, gambaran produk, bentuk promosi produk.

C. Jaminan dan Garansi
- Jaminan : pernyataan resmi kinerja produk yang diharapkan produsen.
- Garansi : bukti yang menunjukkan bahwa produk memiliki mutu tinggi dan kinerja layanan yang dapat diandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar