Selasa, 30 Desember 2014

tulisan 2 softskill etika bisnis

IGNATIUS BAGAS WIBISONO
19211143 / 4 EA17



1. Apa yang dimaksud proses pengambilan keputusan?
Jawab : tahap-tahap yang harus dilalui atau digunakan dan menjadi kerangka dasar, sehingga tiap saat dapat dikembangkan menjadi sub-tahap, disebut langkah khusus/spesifik dan lebih operasioanl dalam membuat pengambilan keputusan.

2. Umumnya proses pengambilan keputusan terdiri dari 3 tahap, sebut dan jelaskan tahap-tahap tersebut!
Jawab :
a. Penemuan masalah
Tahap dimana masalah harus didefinisikan, sehingga perbedaan antara masalah dan bukan masalah menjadi jelas.
b. Pemecahan masalah
Tahap ini merupakan tahap dimana masalah sudah ada atau sudah jelas, kemudian diselesaikan melalui langkah-langkah berikut.
- identifikasi alternative keputusan untuk memecahkan masalah
- perhitungan faktor-faktor yang tidak diketahui sebelumnya, atau diluar jangkauan manusia.
- pembuatan alat/sarana untuk mengukur hasil dalam bentuk tabel.
- pemilihan dan pengambilan model keputusan
c. Pengambilan keputusan
Keputusan yang diambil adalah berdasarkan pada keadaan lingkungan atau kondisi yang ada, kondisi pasti, kondisi beresiko, kondisi tidak pasti, dan kondisi konflik.

3. Sebut dan jelaskan mengenai proses pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh :
a. Herbert A. Simon
Jawab :
Proses pengambilan keputusan memiliki 3 fase, yaitu :
- Fase intelegensia
Merupakan informasi untuk keadaan yang memungkinkan dalam rangka pengambilan keputusan.
- Fase desain
Merupakan kegiatan perencanaan dalam pengambilan keputusan yang terdiri dari identifikasi masalah dan formulasi masalah.
- Fase pemilihan
b. Richard I. Levin
Jawab :
Proses pengambilan keputusan terdiri dari 6 tahap, yaitu :
- observasi
- analisis dan pengembangan masalah
- pengembangan model
- memilih data masukan yang sesuai
- perumusan dan pengesahan yang dapat dipertanggungjawabkan
- penerapan masalah
c. Sir Francis Bacon
Jawab :
Proses pengambilan keputusan terdiri dari 6 tahap, yaitu :
- merumuskan/mendefinisikan masalah
- pengumpulan informasi relevan
- mencari alternatif tindakan
- analisis alternatif
- memilih alternatif terbaik
- melaksanakan putusan dan evaluasi hasil
d. Prof. Dr. Mr. Prayudi Atmosudibyo
Jawab :
Proses pengambilan keputusan melalui tahap-tahap sebagai berikut :
- seseorang mula-mula harus sadar dan menempatkan diri sebagai pemimpin dalam organisasi, bisa bertanggungjawab sebagai pemimpin serta harus memutuskan sesuatu jika dalam organisasi tersebut timbul suatu masalah.
- masalah yang dihadapi terlebih dulu harus ditelaah mengingat masalah itu punya macam-macam sifat, bentuk, dan kompleksitas.
- menganalisis dan mempengaruhi organisasi juga masalahnya.
- menelaah keputusan lalu dipilih salah satu diantara alternatif-alternatif tersebut yang dianggap tepat.
- setelah putusan diambil, lalu dilaksanakan. Keberhasilan pelaksaan keputusan itu akan saling terpengaruh dari jiwa kepemimpinan dan manajemen dari pimpinan bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar